Pj Bupati Barito Utara (Barut) Muhlis dan Ketua PKK Marsiana Muhlis menerima gelar Ningrat Kehormatan sebagai Kanjeng Raden Tumenggung dan Kanjeng Mas Tumenggung oleh SISKS Pakoe Boewono XIII. Foto: Diskominfo Barut

kabarmuarateweh.id, SOLO – Pj Bupati Barito Utara (Barut) Muhlis dan Ketua PKK Marsiana Muhlis menerima gelar Ningrat Kehormatan sebagai Kanjeng Raden Tumenggung dan Kanjeng Mas Tumenggung oleh SISKS Pakoe Boewono XIII.

Kegiatan pemberian gelar dilaksanakan dalam rangkaian acara Merayakan Upacara Sakral Kirab Pusaka & Kebo Kyai Slamet Hari Besar 1 Suro Tahun Baru Islam 1446 Hijriah bertempat di Sasana Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo, Senin (6/7/2024).

Penganugerahan Gelar Bangsawan Ningrat Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung kepada Pj Bupati Muhlis dan Kanjeng Mas Tumenggung kepada Pj Ketua PKK Marsiana Muhlis merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh Keraton Surakarta Hadiningrat kepada tokoh yang dianggap berjasa dalam memperjuangkan kebudayaan dan kesenian daerah serta penggiat ekonomi dan sosial.

Pemberian gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung dan Kanjeng Mas Tumenggung menunjukkan bahwa upaya Muhlis dan Pj Ketua PKK Marsiana Muhlis dalam melestarikan budaya dan kesenian di Barut telah diakui oleh pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. 

Pihak keraton menilai, keduanya merupakan sosok yang memiliki integritas serta dedikasi tinggi atas keberhasilannya membangun daerah dan berhasil memajukan kebudayaan dan adat istiadat di Barut sehingga layak diberi gelar kehormatan tersebut.

Rekomendasi Berita  Tak Terlihat Di Resepsi Rizky-Mahalini, Fuji Bantah Gara-Gara Ada Tahriq dan Aaliyah

Turut hadir beberapa tokoh yang mendapatkan Gelar antara lain Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Wakil Ketua BPK RI dan bupati/walikota se-Indonesia.

Pj Bupati Muhlis menyatakan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan, dan berjanji akan terus memperjuangkan kelestarian budaya dan seni Indonesia di Barut.

“Saya merasa sangat terhormat dengan diberikannya gelar ini dari Keraton Surakarta. Upaya menjaga, melestarikan dan memajukan kebudayaan yang saya lakukan ternyata diapresiasi. Tentunya ini menjadi tanggung jawab dan amanah bagi saya untuk tetap terus melestarikan kebudayaan,” ujar Pj Bupati Muhlis.

Dia bilang semenjak dilantik menjadi Pj Bupati Barut pada 25 September 2023, dirinya terus berkomitmen melanjutkan perjuangan H Nadalsyah dalam pemajuan dan pelestarian budaya di kabupaten setempat.

“Dan bertepatan dengan peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Barito Utara akan digelar Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan untuk Barito Utara Harmonis dengan berbagai keberagaman suku masyarakat yang ada serta untuk Barito Utara yang berkelanjutan,” pungkas Pj Bupati Muhlis.

Editor: Aprie