Pj Bupati Barito Utara (Barut) Muhlis menghadiri kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) sekaligus pembukaan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024, di Hall A & B, Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/7/2024). Foto: Diskominfosandi Barut

kabarmuarateweh.id, JAKARTA – Pj Bupati Barito Utara (Barut) Muhlis menghadiri kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) sekaligus pembukaan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024, di Hall A & B, Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/7/2024). 

Kegiatan digelar dari 10-12 Juli dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ketua Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Mendagri Tito Karnavian, Menkeu Sri Mulyani, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta dihadiri gubernur, bupati dan Pj bupati seluruh Tanah Air.

Dalam kegiatan itu Presiden Jokowi menyoroti kenaikan World Competitiveness Ranking Indonesia yang naik menjadi posisi 27. Untuk itu, ia kembali menekankan pentingnya kecepatan dalam pelayanan publik, mobilitas barang dan orang untuk memenangkan kompetisi antarnegara.

“Dan setelah kita mengarungi dalam lima tahun ini, ini menjadi pengalaman kita bersama-sama. Betapa kita semakin matang, betapa kita semakin dewasa, betapa semakin pintar kita mengelola daerah, mengelola kabupaten, mengelola provinsi, mengelola negara, mengelola keuangannya, dalam mengambil kebijakannya, mengelola anggaran. Karena masa-masa lima tahun ke belakang memang betul-betul sebuah pengalaman yang tidak mudah,” kata Presiden Jokowi.

Rekomendasi Berita  Meriahkan HUT Ke-74 Barut, Pemkab Gelar Jalan Sehat-Senam Massal

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa ke depan tantangan akan semakin rumit dan semakin kompleks. 

Oleh sebab itu, ia meminta daerah untuk adaptif dan berinovasi dalam mengembangkan potensi daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Pj Bupati Muhlis mengatakan, kegiatan Rakernas Apkasi dan Apkasi Otonomi Expo merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun. Hal ini guna membahas isu-isu dan rencana aksi strategi dalam pembangunan daerah khususnya kabupaten. Dimana Apkasi ini beranggotakan sebanyak 416 kabupaten se-Indonesia.

“Apkasi Otonomi Expo menjadi salah satu ajang untuk memamerkan potensi-potensi yang dimiliki oleh daerah, seperti seperti di daerah kita ada kerajinan anyaman rotan, seni budaya, tempat wisata serta potensi-potensi lainnya yang ada di daerah kita,” katanya.

Selain itu, Pj Bupati Muhlis bilang kegiatan ini menjadi salah satu untuk memperkenalkan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan komoditi unggulan yang ada di daerah.

“Hal itu untuk memperluas target pemasaran dan dengan harapan menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di daerah, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Pj Bupati Barut Muhlis.

Rekomendasi Berita  Pj Bupati Barut Terima Audiensi Direktur Perlindungan Ditjen Perkebunan-Dirjen Perbenihan Kementan

Editor: Aprie