Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) turut serta memamerkan  potensi daerah di gelaran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2024, di Hall A & B, Jakarta Convention Center (JCC) dari 10 hingga 12 Juli 2024. Foto: Diskominfosandi Barut

kabarmuarateweh.id, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) turut serta memamerkan potensi daerah di gelaran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2024, di Hall A & B, Jakarta Convention Center (JCC) dari 10 hingga 12 Juli 2024. 

Saat meninjau stand Pemkab Barut, Pj Bupati Muhlis yang didampingi oleh Pj Sekda Jufriansyah mengatakan kegiatan ini diikuti seluruh kabupaten/kota yang di seluruh Indonesia.

Khususnya Kabupaten Barut dalam kegiatan Expo Apkasi ini menampilkan produk-produk unggulan seperti tas dari anyaman rotan, kain khas Barito Utara, madu kelulut, dan produk unggulan lainnya yang menjadi potensi-potensi yang ada di daerah setempat.

“Hal itu untuk memperluas target pemasaran dan dengan harapan menarik minat investor untuk berinvestasi di daerah kita, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Pj Bupati Muhlis, Rabu (10/7/2024).

Sementara itu, Pj Sekda Jufriansyah mengatakan, terkait dengan cara dalam berinvestasi, Pemkab Barut memberikan kemudahan kepada para investor dalam berinvestasi.

Di mana dia bilang, Pemerintah Pusat sudah memberikan aturan melalui system OSS. 

Rekomendasi Berita  Penyerahan SK PPPK Formasi Tahun 2023 Diserahkan Secara Simbolis Oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara

Pemerintah daerah ditekankan untuk mempermudah segala bentuk perizinan melalui akses digitalisasi.

Sehingga seluruh investor yang akan melaksanakan perizinan dan berusaha di daerah akan lebih mudah dalam pengurusan perizinannya melalui system OSS.

“Karena kita sudah ada aturan dari pemerintah tentang penyelenggaraan izin berusaha berbasis risiko, hal itu akan mempermudah seluruh investor untuk melaksanakan usahanya di daerah. Dengan adanya OSS tersebut investor akan mudah berinvestasi di daerah khususnya di Kabupaten Barito Utara,” pungkas Sekda Barut Jufriansyah.

Kegiatan AOE 2024 ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonsia Maju serta dihadiri gubernur, bupati dan Pj bupati seluruh Indonesia.

Selain itu juga dihadiri beberapa kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Barut seperti Kepala Disnakertranskop UKM, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kepala Dinas Budparpora, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas PMPTSP, dan beberapa dinas lainnya.

Editor: Aprie