Para pemain Inggris merayakan gol yang dicetak Ollie Walkins pada pertandingan semifinal Euro 2024 melawan Belanda di Stadion BvB Dortmund, Rabu (10/7/2024). Foto: AFP/Kirll Kudryavtsev via Antara

kabarmuarateweh.id, DORTMUND – Inggris melaju ke final Piala Eropa 2024, setelah mengalahkan Belanda 2-1.

Gol kemenangan The Three Lions tercipta di detik-detik injury time pada pertandingan semifinal Euro 2024 di Stadion BVB, Dortmund, Rabu setempat atau Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Pada pertandingan final, The Three Lions akan bertemu Spanyol, yang menang atas Prancis dengan skor yang sama yakni 2-1, pada semifinal yang dimainkan sehari sebelumnya.

Belanda sempat memimpin lebih dulu lewat Xavi Simons dan kemudian Harry Kane mengimbangi 1-1 sampai turun minum.

Gol penentu kemenangan Inggris datang di injury time. Ollie Watkins mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Inggris menang 2-1 dan ke final bertemu Spanyol.

Belanda sudah memimpin 1-0 di menit ketujuh lewat bola tembakan Xavi Simons dari luar kotak penalti. Inggris mencoba merespons lewat tembakan Harry Kane dari luar kotak penalti yang ditepis Bart Verbruggen.

Kane kembali melepas melepaskan di menit ke-13. Kali ini tendangan volinya di kotak penalti tak mengarah ke target dan Kane tergeletak karena kakinya saat menembak diadang Denzel Dumfries.

Rekomendasi Berita  Ini Daerah Tersepi di Kalimantan Tengah, Penduduknya hanya 63 Ribu Jiwa

Wasit Felix Zwayer kemudian meninjau lewat VAR dan memutuskan hadiah penalti untuk Inggris. Kane maju sebagai eksekutor dan mengubah skor menjadi 1-1 di menit ke-18.

Kobbie Mainoo nyaris merobek gawang Inggris di menit ke-22. Bola sontekannya usai melewati beberapa pemain lawan dihentikan Dumfries di garis gawang.

Peluang dari Inggris di menit ke-31. Bola tembakan Phil Foden dari luar kotak penalti membentur tiang gawang Belanda.

Tak ada gol tambahan di sisa waktu babak pertama. Belanda vs Inggris pun 1-1 sampai turun minum.

Pertandingan berjalan dengan tempo lambat di 10 menit awal babak kedua. Kedua tim tampak sangat berhati-hati dalam membangun serangan.

Jordan Pickford membuat penyelamatan gemilang di menit ke-64. Dia menepis sontekan Virgil van Dijk dari umpan sepakan bebas.

Bukayo Saka sempat mencetak gol di menit ke-79. Gol itu kemudian dianulir karena Kyle Walker dalam posisi offside sebelum melepaskan umpan tarik ke Saka.

Gol didapatkan Inggris pada injury time. Ollie Watkins merobek gawang Belanda dari sudut sempit dan membawa Inggris menang 2-1.

Rekomendasi Berita  Sususan Nama Pemain Indonesia Di Kejuaraan Asia Beregu 2024 di Setia City Convention Centre Malaysia

Susunan Pemain:

Belanda: Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Aké; Schouten, Reijnders; Malen (Weghorst 46′), Simons, Gakpo; Depay (Veerman 35′).

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Guéhi, Trippier (Shaw 46′); Rice, Mainoo; Saka, Bellingham, Foden (Palmer 81′); Kane (Watkins 81′).

Sumber: Detikcom

Editor: Aprie