Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfosandi) Kabupaten Barito Utara  (Barut) berhasil melaksanakan proses pengadaan paket pekerjaan konstruksi bangunan fisik menggunakan sistem e-purchasing atau e-katalog. Foto: Diskominfosandi Barut

kabarmuarateweh.id, MUARA TEWEH – Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfosandi) Kabupaten Barito Utara  (Barut) berhasil melaksanakan proses pengadaan paket pekerjaan konstruksi bangunan fisik menggunakan sistem e-purchasing atau e-katalog.

Keberhasilan itu merupakan mendukung dalam proses digitalisasi dan penggunaan aplikasi tata kelola pemerintahan. Diketahui juga Diskominfosandi Barut juga sebagai leading penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik. 

Di Kabupaten Barito Utara, Diskominfosandi adalah yang pertama dan satu-satunya menggunakan sistem pengadaan barang dan jasa konstruksi bangunan fisik dengan sistem e-purchasing atau biasa disebut dengan e-catalogue. 

Hal ini sesuai dengan peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP No. 06 Tahun 2016 tentang Katalog Elektronik yang mengharuskan sistem pengadaan barang/jasa melalui e-katalog.

Kepala Dinas Kominfosandi Barut, Mochamad Ikhsan, mengatakan bahwa beberapa tahun sebelumnya Diskominfo setempat sudah melaksanakan hampir semua jenis pengadaan barang dan jasa menggunakan katalog elektronik. 

Namun untuk pengadaan barang/jasa konstruksi fisik masih menggunakan sistem tender biasa melalui LPSE/UKPBJ.

“Tahun ini (2024) sesuai dengan Perpres No 12 Tahun 2021 tentang metode pemilihan penyedia barang/jasa konstruksi melalui sistem e-purchasing kami mengadakan pemilihan penyedia mengikuti aturan Perpres No. 12/2021 tersebut. Sebenarnya terlambat, tapi setidaknya harus dimulai,” kata Ikhsan.

Rekomendasi Berita  Kabupaten di Kalimantan Tengah ini Bangun Rumah Sakit Megah Senilai Rp276,3 Miliar

Editor: Aprie