Bupati Barito Utara (Barut) Muhlis dan Ketua DPRD Hj Mery Rukaini menghadiri kegiatan penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2023 dan Ikhtisar Hasil Semester II/2023 di Jakarta Convention Center, Senin (8/7/2024). Foto: Diskominfosandi Barut

kabarmuarateweh.id, JAKARTA – Pj Bupati Barito Utara (Barut) Muhlis dan Ketua DPRD Hj Mery Rukaini menghadiri kegiatan penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2023 dan Ikhtisar Hasil Semester II/2023 di Jakarta Convention Center, Senin (8/7/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan kepada seluruh kepala daerah untuk bisa menggunakan APBD dengan sebaik-baiknya. 

“APBD ini merupakan uang rakyat, jadi kita harus pergunakan dengan sebaik-baiknya, mengedepankan program-program yang memprioritaskan kepada masyarakat dan tentunya berdampak kepada mereka,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga meminta kepada setiap daerah untuk terbuka dan transparan terkait pengelolaan keuangan. 

“Karena untuk menjadikan Indonesia Emas tahun 2045, kita harus menguatkan pondasi keuangan Negara kita,” katanya.

Pj Bupati Muhlis mengatakan, momentum ini merupakan kegiatan untuk menyamakan persepsi kepada seluruh kepala daerah khususnya dalam pelaksanaan anggaran.

“Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Barito Utara hingga saat ini terus melaksanakan program yang menyentuh masyarakat, seperti penyaluran bantuan sosial, pemberian jaminan sosial kepada masyarakat serta program-program lainya yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat di daerah setempat,” katanya.

Rekomendasi Berita  Jauhi Judol! Legislator Barut Parmana Setiawan: Biar Hidup Lebih Tenang 

Pj Bupati Muhlis bilang, selain pelaksanaan kegiatan yang sejalan dengan Presiden Jokowi tersebut, Pemkab Barut berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Kalteng sebanyak 10 kali berturut-turut. 

“Tentunya ini akan menjadi motivasi bagi kita semua agar pengelolaan keuangan daerah kita akan lebih baik lagi kedepannya,” ujarnya.

Kegiatan dihadiri juga oleh Wakil Presiden Ma ruf Amin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, dan sejumlah menteri seperti Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan lainnya. 

Selain itu juga dihadiri ketua lembaga/instansi, di antaranya Ketua DPR Puan Maharani, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan seluruh Gubernur, Pj gubernur dan bupati/walikota serta Pj bupati dan Pj walikota seluruh Indonesia.

Editor: Aprie